0

Pentingnya Air Untuk Tubuh Kita

Air merupakan komponen utama dari tubuh, 60%-70% dari berat setiap manusia adalah air. Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas air sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh, air memiliki tugas untuk membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung dan tenggorokkan. Oleh karena itu buruknya fasilitas air minum dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat berakibat fatal. Data menunjukkan ketersediaan air siap pakai di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya sangat terbatas akibat tercemar oleh berbagai kuman.

Hasil peneliatian yang dilakukan oleh Unilever Indonesia dan Sucifondo menyatakan 48 persen air tanah dari 300 sumber air tanah layak digunakan karena tercemar oleh coliforn  yang berada di luar ambang batas peraturan 492/Menkes/Per/IV/2010.

Penyakita yang sering muncul karena kualitas air yang kurang baik adalah diare. Mungkin terkadang Anda menganggap sepele penyakit satu ini padahal penyebab kematian nomor dua pada balita, nomor 3 pada bayi dan nomor 5 pada seluruh kalangan umur. Angka kematian akibat penyakit ini terus meningkat 2.5% (2006) dan 5.5% (2007)


0 komentar:

Posting Komentar

Siguiente Anterior Inicio